Visi : Terwujudnya SMP Negeri 4 Keritang yang Kompetitif, Kreatif dan Berakhlak Mulia Berdasarkan Iman dan Taqwa
Keluarga Besar SMP Negeri 4 Keritang Mengucapkan Selamat Hari Raya idul Fitri 1434 H/2013 M, Mohon Maaf Lahir dan Bathin"
Foto Saya
SMP NEGERI 4 KERITANG
Selamat datang di Weblog SMP Negeri 4 Keritang Inhil Riau. Semoga dengan adanya weblog ini bermanfaat dalam pertukaran informasi antar dunia pendidikan. Terima Kasih
Lihat profil lengkapku

Selasa

Lanjutkan ke Jenjang Lebih Tinggi "Jangan Hanya Puas Lulus SMA"

Saat kunjungan kerja (kunker) ke Kecamatan Pulau Burung baru-baru ini, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau, Drs. H. Pahrolrozi, MM melakukan sidak dan pertemuan dengan majelis guru di dua sekolah tepatnya di SMPN I dan SMAN I.Dalam arahannnya Kadis meminta kepada majelis guru dan peserta didik untuk mampu menciptakan suasana dan lingkungan yang harmonis, kondisi yang nyaman dan bersih. Dengan faktor tersebut nantinya mampu menciptakan suasana belajar yang kondusif bagi sekolah.


”Suasana belajar yang kondusif sangat dibutuhkan agar aktivitas belajar-mengajar berjalan dengan baik, sehingga nantinya kemampuan siswa dalam menyerap materi yang diberikan semakin baik. Sehingga tujuan dari pembelajaran itu sendiri dapat tercapai sesuai dengan yang kita harapkan selama ini,” katanya.

Selain itu, dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di sekolah, kepala sekolah hendaknya bisa merangkul semua pihak, karena biaya pendidikan mahal. Oleh sebab itu, perlu dukungan dari masyarakat dan orang tua murid. Tidak kalah pentingnya dalam membuat berbagai kebijakan hendaknya melibatkan komite sekolah masing-masing. Karena kalau ada permasalahan yang menyangkut dengan biaya selalu mengadu ke dinas, tentunya dengan kemampuan anggaran yang terbatas tidak akan mampu ditanggulangi secara keseluruhan.

”Kemampuan anggaran yang kita miliki sangatlah terbatas, tentunya segala yang menyangkut dengan biaya tidak akan mampu ditanggulangi dengan menggunakan anggaran APBD. Di sinilah pihaknya sekolah hendaknya berlaku cerdas dengan dengan menggali partisipasi masyarakat untuk turut berperan dalam menghadapi kendala yang berkaitan dengan pendidikan yang kita hadapi,” katanya.

Berkaitan dengan era globalisasi dan kemajuan teknologi dan pergaulan bebas yang terjadi belakangan ini, guru dan orang tua diminta secara bersama-sama dalam mengawasi peserta didik. Malah harus diusahakan untuk melakukan razia minimal satu kali dalam sebulan. Tindakan itu tersebut perlu diambil dalam rangka mencegah efek negatif dari perkembangan teknologi yang mau tidak mau akan menimpa anak didik, kalau memang tidak dilakukan pengawasan secara maksimal.

”Kalau memang ditemukan hal-hal yang sifatnya terlarang kepada siswa hendaknya perlu diberikan arahan dan tindakan yang tegas tapi dengan mengedepankan unsur pendidikan dalam bertindak,” paparnya.

Menghadapi UN yang semakin dekat waktunya, pihak sekolah perlu memberikan bimbingan dan latihan secara rutin. Pihak sekolah mesti melaksanakan try out, sebelum pelaksanaan try out yang akan dilaksanakan oleh Dinas pendidikan berkemungkinan Maret mendatang.

Dalam kesempatan kunker tersebut, kadis meminta kepada para siswa untuk dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi setelah lulus nantinya. Jangan pernah merasa puas ketika sudah lulus SMP atau SMA saja. Karena masa depan bangsa ini terletak ditangan generasi muda sekarang. Kemana arahnya bangsa ini sangat ditentukan dengan keberadaan generasi yang ada sekarang. ”Makanya tuntutlah ilmu setinggi mungkin dalam menggapai cita-cita yang diinginkan,” papar kadis.


Sumber :http://www.disdik-inhil.web.id/
Terima Kasih Atas Kunjungannya