Visi : Terwujudnya SMP Negeri 4 Keritang yang Kompetitif, Kreatif dan Berakhlak Mulia Berdasarkan Iman dan Taqwa
Keluarga Besar SMP Negeri 4 Keritang Mengucapkan Selamat Hari Raya idul Fitri 1434 H/2013 M, Mohon Maaf Lahir dan Bathin"
Foto Saya
SMP NEGERI 4 KERITANG
Selamat datang di Weblog SMP Negeri 4 Keritang Inhil Riau. Semoga dengan adanya weblog ini bermanfaat dalam pertukaran informasi antar dunia pendidikan. Terima Kasih
Lihat profil lengkapku

Selasa

Hak Belajar akan Gantikan Wajib Belajar

Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas), Mohammad Nuh, Jumat (4/06) di Wisma Arga Mulya, Bogor, Jawa Barat, menyosialisasikan rencana strategis (renstra) Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) 2010 - 2014 di hadapan anggota Komisi X DPR RI. Dalam kesempatan tersebut, Mendiknas memaparkan lima paradigma dalam bidang pendidikan yang coba digeser ke arah yang lebih baik sehingga pendidikan dapat dijangkau semua warga negara.

"Paradigma wajib belajar sembilan tahun digeser menjadi hak belajar sembilan tahun yang menjamin kepastian bagi semua warga negara untuk memperoleh pendidikan minimal sampai lulus SMP. Dengan pergeseran paradigma tersebut, konsekuensi pemerintah tentunya wajib menyediakan sarana prasarana dan pendanaan demi terselenggaranya pendidikan bagi seluruh warga negara," kata Nuh mengawali pemaparannya.

Pergeseran paradigma lain yang dikemukakan Nuh adalah kesetaraan dalam pendidikan. Ia menilai bahwa di antara masyarakat Indonesia yang bersifat umum, ada sejumlah siswa yang memerlukan perhatian sangat khusus dengan layanan yang khusus pula. "Kekhususannya itu bisa jadi karena masalah yang sifatnya fisik, geografis, atau sosial," ujarnya.

Nuh juga menekankan pentingnya pendidikan komprehensif yang mengintegrasikan ilmu pengetahuan, budi pekerti, kreativitas, dan inovasi menjadi satu kesatuan utuh. Menurutnya, pendidikan karakter tersebut perlu ditanamkan sejak usia dini hingga pendidikan di perguruan tinggi.
Sumber : Depdiknas
Terima Kasih Atas Kunjungannya